PENGANTAR
LOGIKA DAN ALGORITMA DENGAN PASCAL
Pengertian
LOGIKA:
Logika berasal dari
bahasa Yunani yaitu LOGOS yang berarti ilmu. Logika pada dasarnya filsafat
berpikir. Berpikir berarti melakukan suatu tindakan yang memiliki suatu tujuan.
Jadi pengertian Logika adalah ilmu berpikir / cara berpikir dengan berbagai
tindakan yang memiliki tujuan tertentu.
Pengertian
ALGORITMA:
Pada Merriam-Webster’s
Collegiate Dictionary, istilah algoritma diartikan sebagai prosedur langkah
demi langkah untuk memecahkan masalah atau menyelesaikan suatu tugas. Kamus
Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan algoritma sebagai urutan logis
pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah.
Alat
Bantu untuk menuliskan Logika dan Algoritma, salah satunya adalah FLOWCHART.
Pengertian
FLOWCHART:
gambaran dalam bentuk diagram alir
dari algoritma dalam suatu program atau prosedur sistem secara logika, yang
menyatakan arah alur program dalam menyelesaikan suatu masalah.
SIMBOL
Flowchart
Pedoman-pedoman
dalam Membuat Flowchart:
- Bagan
alir sebaiknya digambar dari atas ke bawah dan mulai dari bagian kiri dari
suatu halaman.
- Kegiatan
di dalam bagan alir harus ditunjukkan dengan jelas.
- Harus
ditunjukkan dari mana kegiatan akan dimulai dan dimana akan berakhirnya
(diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END).
- Masing-masing
kegiatan di dalam bagan alir sebaiknya digunakan suatu kata yang mewakili
suatu pekerjaan, misalnya:
-
"Persiapkan" dokumen
-
"Hitung" gaji
- Masing-masing
kegiatan di dalam bagan alir harus di dalam urutan yang semestinya.
- Kegiatan
yang terpotong dan akan disambung di tempat lain harus ditunjukkan dengan
jelas menggunakan simbol penghubung.
- Gunakanlah
simbol-simbol bagan alir yang standar.
Secara
garis besar, Ada 3 bagian utama dalam flowchart :
Contoh:
Buat
algoritma dan Flowchart untuk Menghitung Luas Persegi Panjang:
Pekerjaan:
Rumus:
LuasPersegiPanjang = Panjang x Lebar
Algoritma:
- Tentukan
nama variabel yang akan menampung data Panjang, lebar dan luas persegi
panjang.
- Masukkan
(inputkan) data Panjang dan Lebar pada variabel yang sudah ditentukan.
- Hitung
Luas persegi panjang.
- Tampilkan
(outputkan) Luas persegi panjang.
Flowchart:
Latihan:
Buat
algoritma dan Flowchart untuk Menghitung:
- Luas
Segitiga
- Luas
Lingkaran
IMPLEMENTASI
DALAM PROGRAM
(Sebagai
contoh: Bahasa Pemrograman Pascal)
Pengertian
PROGRAM:
Kumpulan instruksi (statements) yang
disusun secara logis untuk memecahkan suatu masalah. Instruksi-instruksi yang
digunakan disesuaikan dengan jenis bahasa pemrograman yang digunakan (reserved
word yang disediakan).
Stuktur
Penulisan Pascal:
Program
Nama_Program;
uses
. . . {Unit-unit yang dipakai} ;
label
. . . {label-label yang dipakai } ;
const
. . . {pengumuman tetapan-tetapan} ;
type
. . . { pengumuman tipe-tipe data };
var
. . . { pengumuman peubah-peubah };
procedure Nama_Prosedur;
begin
. . .
end;
Function Nama_Fungsi;
begin
. . .
end;
{ Program utama }
begin
. . .
end.
Perintah
Input :
Perintah Pascal yang digunakan untuk
memasukkan/menginputkan data.
Bentuk
perintah:
Read dan Readln
Struktur
penulisan:
Read(nama variabel);
Readln(nama Variabel)
Perintah
Output:
Perintah Pascal yang digunakan untuk
menampilkan/mengoutputkan data.
Bentuk perintah:
Write : setelah
menampilkan data atau teks, kursor berada tepat disamping kanan data yang
ditampilkan.
Write : setelah
menampilkan data atau teks, kursor berada pada baris berikutnya.
Struktur
penulisan:
write(nama variabel);
write(‘teks’);
writeln(nama Variabel);
writeln(‘teks’);
Contoh:
Buat
program sederhana untuk Menghitung Luas Persegi Panjang:
Program LuasPersegiPanjang;
Var
Luas, Panjang, Lebar : integer;
Begin
Readln(panjang);
Readln(Lebar);Luas:= Panjang*Lebar;
Writeln(‘Luas Persegi Panjang adalah:’,Luas);
Readln;
End.
Tampilan
pada lembar kerja Pascal:
Menjalankan
program dengan perintah:
Ctrl+F9(tekan tombol Ctrl
dan F9 bersama-sama).
Apabila
Panjang diisi 7 dan lebar diisi 8 maka hasil perintah diatas tampil sbb:
Latihan:
Buat
program sederhana untuk Menghitung:
- Luas
Segitiga
- Luas
Lingkaran
STRUKTUR
KENDALI “IF’
Struktur kendali aliran adalah suatu bentuk/struktur yang memiliki peranan
khusus untuk mengatur aliran urutan
pengerjaan operasi atau beberapa operasi tertentu.
Salah satu contoh pernyataan kendali yaitu pernyataan if .
Pernyataan if (if statement)
akan memeriksa suatu persyaratan dan menentukan
apakah syarat tersebut benar atau salah, kemudian melakukan pekerjaan
sesuai dengan nilai pernyataan tersebut.
Struktur
Penulisan:
Berikut adalah
bentuk-bentuk dari pernyataan if yang
sering digunakan :
1.
If dengan
satu pernyataan (statement)
If (kondisi) then pernyataan ;
2.
If dengan
dua atau lebih pernyataan (statement)
If (kondisi) then
begin
pernyataan1 ;
pernyataan2 ;
…..
end;
3.
If dan else
If (kondisi) then
begin
pernyataan1 ;
pernyataan2 ;
…..
end
else
begin
pernyataan1 ;
pernyataan2 ;
…..
end;
Dari bentuk bentuk pernyataan if di atas yang harus diperhatikan adalah untuk pernyataan if dan else, pernyataan-pernyataan setelah then tanpa menggunakan “;”. Dengan kata lain jika pernyataan
setelah then hanya terdiri dari satu pernyataan saja makan pernyataan tersebut
tanpa menggunakan “;”, namun jika pernyataan setelah then terdiri dari lebih
dari satu pernyataan makan setelah end
tanpa menggunakan “;”.